Friday, 5 May 2017

Mencari Bumbu Sereh

Setelah beberapa bulan akhirnya (padahal baru 2 bulan) mencoba menulis lagi. Hahahaha.. biarpun masih tentang hal yang sama. Nggak jauh dari keseharian.


Jadi aku main ketempat temanku. Dia pesan atau nitip belikan bumbu yang namanya langkok langkok. Isinya bumbu lengkap dari jahe, sereh, daun kunyit sampe daun salam. Ketika itu sebenernya aku ada persediaan langkok langkok sisa punyaku satu. Tapi sudah lama, mungkin dah agak kering lah. Nah, sebenernya juga temanku hanya butuh serehnya doang. Alias dari bumbu yang banyak itu dia cuma ambil atau butuh Batang serehnya tok tok.



Penampakan langkok-langkok 



Jadi, berangkatlah aku menuju rumah temanku sambil beli langkok langkok di jalan . Ada kedai di tepi jalan yang biasanya ada jualan benda ini. Dasar memang lagi nggak rejeki, rupanya sudah habis pulak barang yang kucari untuk temenku itu. Oalah.. aku harus muter muter keliling nyari kedai lagi. Dan ternyata kedai yang harus kucari yang aku juga tak tahu letaknya dimana ini sangat jauh dari jalan jalur ke rumah temanku.

Padahal tadi Kalo mau bisa ada kedai sekitar tempatku cuma jalannya berbeda dengan ke arah tempat temanku. Balik arah tibanya makanya aku nggak mampir ke kedai itu. Maksud hati biar hemat waktu. Ternyata mencarinya malahan makin makan waktu banyak.hahaha..#nggakefesienbanget
Juga di tempatku ada tapi sudah agak kering karena lama,harusnya bisa kubawa. Toh aku juga lagi nggak butuh. Karena sudah terlanjur jalan dan aku juga sudah jauh dari tempatku jadinya ya, lanjutlah mencari kedai yang jual barang ini.

Keliling mencari kedai memang mudah, tapi yang menjual barang ini beneran nggak semua kedai menyediakan. Kadang ada menyediakan tapi stok terbatas, dan dari pagi sudah habis. Setelah jalan lumayan jauh, akhirnya bisa juga kudapatkan kedai yang jual. Namun tempatnya, alamak ngeri kali dang. Lewatin jembatan, jalannya bertanah liat. Untungnya hari lagi panas jadinya kering. Kelihatan Kalo jalan ke tempat kedai ini agak sedikit berlumpur bekas hujan kemarin tapi kering karena dua hari ini panas, alhamdulillah. Bisa dapat juga.

Ternyata untuk masak masak mencari bumbu juga butuh perjuangan. Salut buat para emak emak yang semangat masak buat keluarganya.

56 comments:

  1. Nah itulah rahasianya semangkok makanan. Disitu menyimpan perjuangan emak-emak dalam meramu masakan. Perlu bolak-balik dari kedai satu ke kedai yang lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mas, jadi merasa harus menghargai perjuangan Mak Mak yang masak buat keluarga

      Delete
    2. ya...masakan emak memang sedap dan tak terkata..percayalah

      Delete
  2. Unik ya nama bumbunya.
    Tapi perjuangan banget dapatinnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, unik. Dulu pertama moving ke Pekanbaru denger namanya agak aneh, tapi jadi terbiasa

      Delete
  3. Assalaamu'alaikum wr.wb, Sarah....

    Salut buat Sarah kerana tetap mencari walau sejauh mana pun langkok langkok tersebut dijual. Yang penting dapat memenuhi harapan teman untuk masakannya. Pasti dia gembira kerana apa yang diingininya tercapai. Berbuat baik kepada orang lain merupakan tuntutan agama dan disayangi Allah SWT.

    Salam manis dari Sarikei, Sarawak. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wa'alaikum salam kak Fatimah,terimakasih kak. Berbuat baik maka Alloh akan menolong kita suatu saat kan kak.. salam manis kembali

      Delete
  4. perjuangan mendapat sereh akhirnya menghaslikan eski harus lewati jembatan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ternyata memasak itu butuh perjuangan bagi Mak Mak untuk dapat bahannya.

      Delete
  5. Haha sering banget aku kayak gitu, nyari something dah muter2 jauh, dapetnya deket2 rumah aja 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, rejeki rejekian kek jodoh juga #eh,

      Delete
  6. Perjuangan banget ya :)
    Tapi dari sereh inilah bisa membuat kelengkapan dalam suatu makanan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo bumbu ga komplit, rasa jadi kurang.

      Delete
  7. Haha itulah seninya memasak ya, tapi itu yang bikin seru emang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, jadi lebih menghargai masakan. Terutama masakan Mak

      Delete
  8. wih sampe mendaki gunung lewati lembah gitu, jurusnya apa tuh? hehe
    tapi klo belum nemu ya penasaran banget apalagi kalo udah butuh

    ReplyDelete
  9. hai salam kenal juga ya. Mencari sereh ya. Ada tuh di depan rumahku. hahaha. Ibuku hobi berkebun sih, jadi beberapa bumbu sudah tersedia di kebun rumah tanpa harus beli. Malah kadang dibeli orang.

    Eh kamu tinggal di kota mana? kok sampai susah untuk mencari bumbu sereh. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Riau daratan, itu kebetulan aja lagi nggak ada. Susah dapetnya. Tetanggaku di rumah Pekanbaru ada kok, mak ku juga nanam sih. Cuma kejauhan dari sini, 3jam.

      Delete
  10. Kalo mamahku rajin nanem tanaman buat pelengkap masakan seperti sereh, kemangi, cabe, belimbing wuluh, dll.. Jadi kslo perlu tinggal metik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ibuk ibuk suka sediakan bumbu di halaman ya mbak. Jadi enak, tinggal petik

      Delete
  11. Thanks for stopping by babe! You should definitely visit the falls if you ever come to Vancouver!

    xoxo
    Rina Samantha
    http://www.andshedressed.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya, definitely if I can go there. Such A beauty I cant forget, and thanks for stopping by.

      Delete
  12. pasti sedap masakan kalau ada bumbu sereh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betol, jadi harum. Tambah selera makan

      Delete
  13. saya punya pohon sereh, tapi sereh wangi buat ngusir nyamuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baru tau aku mbak Kalo ada sereh jenis sereh wangi untuk nyamuk.

      Delete
  14. Replies
    1. Waduh, aku lupa tanya nama masakan yang jelas masakannya wangi dan sedap

      Delete
  15. sereh kalo di tomyam enak deh, untukngelagiin idung yg lagi tersumbat. buat ngusir nyamuk juga bisa sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Eh, aku baru tau mbak klo sereh juga bisa buat indung dan nyamuk. Tomyam nyam nyam banget jadinya mbak

      Delete
  16. tanpa bumbu yang lengkap kadang masakan terasa kurang memang, huhu jadi kpingin coba masakannya,,^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, klo masakan kurang bumbu pelengkap jadi kurang enak rasanya

      Delete
  17. Di tempatku namanya bumbu pawon mb...satu bungkus, tapi isinya macem2.

    Hi..hi, iya sih..kadang klo masak..bumbunya ada yang nggak lengkap, rasanya kurang gimana gitu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiap daerah punya nama bumbu tersendiri ya mbak.kalo masak bumbu gak lengkap rasanya kek ada yang kurang ya mbak. Terimakasih sudah mampir

      Delete
  18. Salam kenal dari www.azlindaalin.com

    ReplyDelete
  19. Walaupun serumpun masih sukar nak memahami bahasa Indonesia. Tapi yang saya tahu ia sejenis makanan kan?

    ReplyDelete
  20. Yak, itulah yang buat masakan rumah enak. Bukan karena bumbu atau bahannya, tapi perjuangan dan cinta oleh Ibu yang masak. I LOP YU EMAAAAAKKKK

    ReplyDelete
  21. dibalik masakan yang enak tersimpan perjuangan sang emak, halah wkwkkww

    ReplyDelete
  22. semua emang butuh perjuangan mbaak... wah keren juga yah hehe

    ReplyDelete
  23. Baru denger nih Langkok, kalau di Tangerang sini mungkin bumbu dapur komplit kali ya.Kalau di kota Malang asalku mungkin namanya bumbu jangkep haha. Makanya emak-emak suka sedih kalo masak ga dimakan ya kayak gini ini perjuangannya xixi

    ReplyDelete
  24. malah baru tau mbak sereh yang langkok ini, taunya sereh yang lemongrass yang biasa buat adukan teh kalo di cafe-cafe mahal (padahal saya selfproclaimed emak-emak)

    ReplyDelete
  25. Butuh pejuangan banget ya nyari serehnya. Salut kak :D

    ReplyDelete
  26. suka banget sama aroma bumbu sereh nya.
    menjadikan masakan sedaaap kali.

    makin pandai ni mbak urusan bumbu dan masakan :)

    ReplyDelete
  27. Aku baru tahu, ada istilah Langkok yang satu paket bumbu gitu. Kalo di Palembang ada gak ya? hmm rasanya ada juga, tapi gak ada nama. Cuma disebut aja bumbu masak apaa gitu.

    omnduut.com

    ReplyDelete
  28. Serem juga ya nyari bumbu sereh sampai dua bulan sampai gak sempet ngeblog. :D

    ReplyDelete
  29. wah baru dengar yang namanya langkok...kalo ditempatku kumpulan bumbu itu namanya apa ya...mpon-mpon kalau enggak salah

    ReplyDelete
  30. Makanya kita sebagai anak yang taunya cuman makan, mending diem-diem pas makanan gak sesuai selera...

    ReplyDelete
  31. Salut, kamu mau cari walo jd muter2 gitu :) .. Duuh kalo aku nyari bumbu masak, bisa stress duluan krn ga tau bentuknya. Pernah pas lg disuruh mama belanja dulu, aku sampe meng google nama2nya supaya tau bentuknya yg mana :D

    ReplyDelete
  32. bener, apalagi kayak aku nih, kadang si kecilkangen masakan india. bumbunya harus muter sana sini, keljar kota sampe pesen online hehehe.

    ReplyDelete
  33. masak itu emang ribetnya dipersiapan terutama membeli dan meracik bumbu, makanya kita nggak boleh menghina makanan ya

    ReplyDelete
  34. kalo di tempat tinggalku masih banyak loh mba yang jual sereh
    gak limited edition kaya di mba hehe

    ReplyDelete
  35. Assalaamu’alaikum wr.wb, Sarah…

    Tangan dihulur maaf dipinta,
    Erat silaturahmi sesama kita,
    Semoga gembira di hari yang mulia ini,
    Salah dan silap harap dimaaf,

    Selamat Hari Raya Aidilfitri,
    Maaf Zahir dan Batin.

    Salam Syawal dari Sarikei, Sarawak.

    ReplyDelete

Ehem..ehem yang sudah baca tinggalin jejak dong.. B-)