Saturday 1 October 2016

9 Tips Menangkal Kejahatan Hipnotis

Belakangan ini marak terjadi penipuan via hipnotis. Hari ini salah seorang dari kenalan temanku mengalami yang namanya ditipu lewat hipnotis (mungkin karena nggak sadar  x  ya :D). Beberapa ada yang terkena sampai jutaan, bahkan ratusan juta. Suatu keberuntungan kenalan temanku itu dia hanya terkena ratusan ribu. Karena temanku cepat menyadarkan/menegur.

Bagaimana cara terkenaknya tidak kubahas ya.. Kita bahas mengenai bagaimana cara supaya terhindari dari tertipu via hipnotis (telpon or sms ) dan kalo bisa berusaha untuk waspada selalu.

Berdasarkan informasi dari temanku katanya kenalannya itu kena karena dari menerima telepon atau SMS gitu. Untuk itu kita jangan sampai grasak-grusuk begitu dapat telpon asing tiba-tiba bilang keluarga, adik, teman dan sebagainya kena musibah. Apa itu bilangnya masuk Rumah Sakit kah, tiba-tiba ditahan polisi lah, kecelakaan lah dsb, dll, etc.

Setiap informasi yang diberikan ( jika ditelpon atau SMS oleh penipu ) sebaiknya keep dulu. Jika ditelpon dengarkan dulu dengan baik-baik informasinya. Pastinya yang lebih tau kondisi keluarga, sodara atau teman adalah kita sendiri. Cobalah untuk bersikap tenang, cross check dulu kebenarannya sebelum panik (ahahahaha, bahasane dah mulai ngawur :p) 

Berikut tips-tips hasil dari tengok-tengok beberapa blog yang mungkin bisa dilakukan :
  1. Berdoa. Iya, berdoa. Apapun agamamu, kemana pun, mau apapun berdoalah dahulu. Sebaiknya selalu minta doa penjagaan agar terhindar hal seperti tersebut di atas.      
  2. Bernafas. Maksudnya jangan panik, take deep breath dulu trus atur nafas sebaik dan selancar mungkin jika dapat informasi keluarga, sodara, atau teman dekat kena musibah. Kemudian cobalah untuk disesuaikan keadaan dengan informasi yang datang. Apakah memang benar terjadi/ kejadian seperti itu.
  3. Jika dapat SMS dari nomor asing yang mengaku bahwa ia adalah teman, paman, atau sodara menggunakan nomor baru, sebab pulsa habis dsb, dll, etc abaikan saja. Sebaiknya teliti sekali lagi kebenarannya. Biasanya yang tau bahasane itu hanya kita sendiri ( sekalipun hanya sms, bahasa yang digunakan masing-masing orang beda satu dengan lainnya. Antara ibu ke anaknya, suami ke istri atau sebaliknya, teman ke kita, jadi hanya kita sendirilah sebenarnya yang paham bahasa mereka).
  4. Ketika ditelepon, cobalah untuk rileks mendengar ceritanya sambil mengira-ngira kesesuaiannya. Waktu mendengarkan cerita, pikiran jangan kosong. Cobalah mengalihkan pikiran sesekali ( berpikir seperti, oya anak mau dijemput, cucian belum dijemur nih, masakan ku dan lain-lain). Bisa juga mengajak mengalihkan si penipu sekalian ( untuk yang hobi saling cerita ya, tapi jangan terpengaruh ceritanya si penipu, kalo bisa ceritanya berbeda tema dari si penipu, misal dia cerita temanmu A kecelakaan, kamu cerita perjalanan bersama si C, dsb, dll, etc ya).
  5. Jangan buru-buru mau transfer aja begitu tau kebenarannya. Mungkin kebetulan cerita karangan si penipu sama dengan kejadian. Cobalah kontek-kontekan dengan kenalan yang ada ditempat kejadian tanpa diketahui. Pastikan sudah ditangani dulu ( misalnya nih, kecelakaan. Pastikan dimana lokasi rumah sakitnya, tempat kejadian, dll)
  6. Di daerah umum, jangan biarkan pikiran empty alias kosong. Hal ini menyebabkan gerbang telepathic  terbuka, sehingga seseorang bisa saja mengirim pesan lewat telepathic.
  7. Ketika secara tiba-tiba bahumu ditepuk seseorang yang tidak dikenal bergaya akrab, jangan panik. Usahakan pikiran dan panca Indra tetap aktif. Abaikan dan jangan terfokus dengan cerita si penepuk bajumu, sekalian berusaha menjauhinya tanpa kentara dan mendekati keramaian.
  8. Selalu waspada ditempat umum. Terutama jika membawa barang berharga seperti ATM, uang atau perhiasan, namun usahakan jangan mencolok sehingga tidak menarik perhatian. 
  9. Jika tiba-tiba diserang rasa kantuk yang tidak biasa atau rasa kesadaran yang berbeda (berpikirlah positif aku bisa, berhitunglah sampai 3, pada hitungan ketiga aku sadar kembali), segeralah pindah tempat cari keramaian atau ke kantor polisi sekalian numpang rehat...
Demikian kiranya tips yang bisa kutulis hari ini. Semoga bisa bermanfaat buat semua. Selalu waspada, tingkankan keimanan serta kuatkan mental. 




10 comments:

  1. Replies
    1. Terimakasih mbak,Sudi mampir ke blogku yang seumur jagung ini. Semoga bermanfaat.

      Delete
  2. yang terpenting itu pikiran gak boleh kosong. harus fokus dengan sekitar. thanks for sharing.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sami-2 mbak. Betul sekali mah mbak itu,pikiran jangan sampe kosong. Klo sudah pikiran kosong cepet kenak nya

      Delete
  3. Aku pernha di telp, kalau ayahku kecelakaan.
    ya Allah, dengkul lsg lemes dan badan berkeringat. Rasanya pingin pingsan. ternyata oh ternyata....

    Semoga Allah memberikan pada orang orang yang jahat itu ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hati-hati, yang penting jangan sampe hilang fokus ya mbak, trus perbanyak baca-2 (Doa2 dalam alquran).

      Delete
  4. Ok jadi mulai berhitung sampai 3 kalo tiba2 ngantuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenernya mas, itu cuma sugesti diri kita sendiri. Nggak harus dengan angkalah. Kalo memang kuatnya dihapalan,boleh juga dengan huruf. Alif,Ba, TA,'Yak, saya sadar.' Kalo untuk mas cumi sih, case-nya beda x ya. Tuh mata emang sudah minta rehat mas.lol,upss#efekbanyakcucimata

      Delete
  5. Semoga selalu dijaga alloh ya mba , harus waspada memang sm hipnotis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Betul sekali. Harus banyak doa sebelum kemana2 dan selalu waspada. Terimakasih sudah mampir

      Delete

Ehem..ehem yang sudah baca tinggalin jejak dong.. B-)