Sunday, 18 September 2016

Cara Agar Artikel Blogger Bisa Masuk google search

Lagi males nulis sebenernya. Ini juga masih bingung-bingung dengan tampilan blog. Still learning, banyak banget istilah-istilah yang gak dipahami. Aku ada blog lain sih ( gak tau itu blog atau apa,yang jelas biasanya klo lagi bete nulis disitu sampe puas, dan baru ngeh belakangan klo itu juga blog namanya)

Blog lamaku itu ada di salah satu medsos. Tampilan biasa aja,ga ada penyusunan or gimana2nya,tinggal tulis aja apa yang dirasakan. Trus selse deh. Tapi belakangan jadi agak jarang ke sana sampe akhirnya jadi lupa :D

Hal yang paling nyebelin tuh klo pas lagi asyik nulis trus tiba2 padam,ga ada koneksi.trus ga keliatan apa yang ditulis ( ngebalnk). Ini tadi ng-error sendiri lagi. Belum puas curhat uneg-uneg tentang si blog ini, tiba2 padam.

Banyak istilah yang kurang kupahami,seperti LSI, Backlink, link juice, SEO onpage atau SEO offpage dsb, delele, etc. Gak ngerti, mungkin bagi yang lulusan IT, soal sepele. Tapi bagi orang awam kayak aku gini puyeng. Trus supaya blog bisa lancar traffic-nya ternyata harus bisa memenuhi syarat tertentu ( ya iyalah, dimana-mana klo "yang sesuatu" itu pasti ada S&K nya).

 Seperti ini nih syaratnya supaya bisa rame-rame masuk pilihan Mbah google.


  • Penulisan artikel, minimal harus memenuhi kuota (caile, udah kayak paket data aja), minimal 1500 kata ( catet ya, itu minimal) dan jadikan pembaca sebagai orang kedua, bukan ketiga ya.. ( gak ada yang sudi jadi orang ketiga, bukan berati haram ya.. #haalaah..iki maksudne opo? )
  • Buat judul yang unik, menarik dan klo perlu yang panjang ( istilah kampungnya Lady Di Long tail keyword ) sepanjang - panjangnya, hehehe. Biar Mbah Google bisa kenal.
  • Trus membuat internal link ke artikel yang lebih populer ( biar bisa terseret-seret dikit ketika dicari-cari mesin pencari, klo nyangkut kan lumayan juga tuh. Hehehe ). Sampe saat penulisan ini, yang namanya ngelink-kan itu aku juga ga ngerti... :D
  • Ini nih bagian yang sulitnya (bagiku sih ya,gak tau klo yang lain), melibatkan LSI keyword dalam penulisan, sehingga nih konon katanya mesin pencari cepat nangkep. Berilah tanda tebal atau miring pada LSI words. Jujur sejujurnya aku tuh gak tau LSI itu apa sih?
  • Tulisan yang ori (asli) bukan copas (main copy paste),dimana-mana senengnya barang asli. #gakmesin,gakorang ternyata sama :D
  • Nah, ini nih gak kalah penting. Buatlah artikel yang berbobot (entah itu mungkin keberatan dengan kata-katanya (banyak, melebihi kuota) atau isinya yang memang benar-benar luar biasa).
  • Memperhatikan optimasi SEO onpage dan SEO offpage nya.

Demikian uneg-unegku supaya tulisan bisa tampil di Google search ( aamiin,semoga beneran bisa sukses ).
Note : theres a typo "It should be blank not balnk ya. Hehehe,biasa malem gak keliatan # ngeles..

2 comments:

Ehem..ehem yang sudah baca tinggalin jejak dong.. B-)